Bukan, bukan. Ini bukan Violet The Movie yang harusnya tayang di Jepang April ini.

Ini masih Violet Evergarden Gaiden yang pernah tayang di bioskop Indonesia 29 Januari 2020 lalu. Feel nonton di bioskop sama di layar kecil memang beda. Sori, bukannya sombong, kalau sombong gw udah beli set home theater biar bisa nonton layaknya di bioskop atuh.

Tapi terus terang untuk film ini memang lebih ke sisi atau bisa dibilang dari sudut pandang lain. Yang Violetnya masih menjadi pemeran utama tapi hanya sebagai pendukung. Gw pribadi lebih suka nonton drama di bioskop karena mau enggak mau gw harus nonton. Sayang, dong? Udah bayar tapi baru setengah jalan malah cabut?

Iya, gw tipe orang yang nonton di layar HP/Laptop terus dapat adegan drama yang malesin, ya gw pause, paling parahnya langsung delete. Inilah kenapa gw rela-relain ke kota sebelah buat nonton di bioskop.

Eh, tahu-tahu pas akhir Maret ditawarin, “Zie, edit Violet, ya. Lu kan udah nonton di bioskop, jadi tahu ceritanya.”

Ya justru karena tahu jadi ke spoiler dong gw? Jadi males ngedit dong gw? Karena udah tahu ceritanya. Tapi karena katanya cuma sebatas ngedit, ya udah gw iyain.

Dan akhirnya delay sampai satu bulan. dari sekian faktor, 80% delay di gw.

Pertama, karena hasil terjemahan penggemar, jadi timingnya acak-acakan. Sama acak-acakannya dengan subtitle resmi (FUNimation / Crunchyroll), gw jadi males dan gw telantarkan. Karena males banget kerja dua kali.

Terus gw woro-woro butuh timer akhirnya dapat yaitu Hatsu dari Aizukara. Makasih banget gw jadi gk terlalu repot ngeditnya karena gk sambil geser-geser frame. Masalah Edit dan Timing kelar, eh muncul lagi pas mau gw setor katanya gk ada chapter. Oke, gw telantarin lagi sampai 1 mingguan karena males banget ini durasi panjang, bukan 23 menit yang cuma prolog, OPening, Side A, Side B, ED, Epilog. Kelar.

Ini banyak! Dan harus ditonton ulang karena enggak mungkin kita tahu adegannya di menit berapa aja kan? Tahu gini gw bikin chapter sambil edit sebelumnya. Chapter selesai, eh ternyata gk ada lagu penutup (ED). Di situ gw udah lepas tangan, males gila! Akhirnya YatogamiYuuki ambil peran di sini buat bikin dan menerjemahkan lagu penutupnya sendiri.

Terima kasih buat kalian yang sudah terlibat dalam pengerjaan ini. Maaf buat Mang Bejat dari BentoSubs yang udah nerjemahin dari akhir Maret tapi malah baru rilis akhir April. Eh, udah Mei malah.

Benar, kami masih bekerja sama dengan BentoSubs. Sama seperti serinya yang memang garapan gabungan kami.

Gara-gara korona semuanya jadi delay.
Tapi, kak. Kan KDR (Kerja Dari Rumah) jadi harusnya bisa ngesub, dong?

Gw justru gara-gara KDR jadi banyak kerjaan. Yang harusnya bisa buat ngesub, sekarang malah bukanya excel, word, fak!

Ya sudah, nikmati saja riliannya.

UNDUH


[KN-Bentoo] Violet Evergarden Gaiden – Eien to Jidou Shuki Ningyou
[BD 720p AAC] [F17A5BE5].mkv

Para Pengantar Surat:

Translator: Orang Bejat (BentoSubs)
Editor: irzie
Timer: Hatu (Aizukara)
ED Song + Encoder: YatogamiYuuki